Kerajinan Perak Andalan Industri Kotagede

13

 

Perak adalah  logam mulia yang dalam tabel periodik memiliki unsure kimia berlambang Ag (Argentum), dengan nomor atom 47. Perak merupakan sebuah logam transisi lunak berwarna putih mengkilap. Logam ini memiliki konduktivitas listrik dan panas tinggi serta memiliki kandungan dimineral dalam bentuk bebas.  Pada jaman dulu logam ini banyak digunakan sebagai uang koin, perhiasan, peralatan  makan, dan fotografi.

 

Sebagaimana platina dan emas, Perak termasuk logam mulia, yaitu logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Pada umumnya logam mulia memiliki harga yang tinggi, karena sifatnya yang langka dan tahan korosi. Logam mulia sangat sukar bereaksi dengan asam. Karenanya logam mulia kerap dijadikan sebagai investasi, termasuk perak.

Investasi  perak adalah menanamkan modal atau menyimpan kekayaan dalam bentuk perak. Pengertian ini juga sama dengan investasi emas. Untuk melakukan investasi perak, kita bisa membeli perak baik dalam bentuk fisik maupun saham, dan kemudian menyimpannya sementara waktu untuk selanjutnya dijual ketika harganya membaik.  Seperti halnya emas, perak juga tidak tersentuh oleh inflasi atau deflasi pada tingkat yang setara dengan saham. Sedangkan untuk investasi kita dapat membeli Perak dalam bentuk-bentuk tertentu, seperti reksa dana atau mungkin hanya membeli perak dalam bentuk perak batangan, koin ataupun dalam bentuk perhiasan.

 

Perak diprediksi akan menjadi mahal dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini tak lepas dari keunikan. Perak yang sudah menjadi menjadi bagian dari alat fotografi , kesehatan, sampai dengan perhiasan. Karena perak lebih sering digunakan untuk keperluan industri, maka nilainya akan selalu menguat. Selain itu alasan mengapa memilih investasi Perak ini adalah keterjangkaunya dibandingkan berinvestasi emas yang biasanya dibeli oleh orang-orang kaya. Artinya, perak lebih terjangkau oleh masyarakat daripada emas.

 

Alasan lain mengapa memilih investasi perak

  1. Perak adalah Logam Mulia yang likuid.

Perak digunakan dalam industri. Selama bertahun-tahun, sebelum fotografi digital, perak digunakan dalam film untuk kamera dan film. Saat ini, perak digunakan secara luas dalam bidang elektronik. Selain itu, alasan mendasar yang baik dalam berinvestasi logam perak adalah jika stok perak berkurang maka harganya didorong oleh permintaan dan penawaran.

  1. Perak Sebagai Mata uang

Dalam sejarahnya, jika ditelusuri lagi, perak telah digunakan sebagai alat tukar uang selama berabad-abad. Maka dari itu, perak termasuk jenis alat pertukaran yang tua setelah emas

  1. Anti inflasi

Sama halnya seperti emas, perak juga kebal terhadap inflasi dan deflasi.

  1. Tidak Terpengaruh Krisis Ekonomi

Sebagaimana emas, nilai jual perak juga tidak dipengaruhi oleh krisis global yang melanda perekonomian dunia. Investasi Perak termasuk aman dan menguntungkan setelah emas.

 

Jaman sekarang kita jarang menjumpai perak yang diproduksi sebagai peralatan makan, namun produk perak dalam bentuk perhiasan dan aksesoris bisa dengan mudah kita temui dipasaran. Salah satu produsen kerajinan perak yang paling terkenal di Yogyakarta adalah HS Silver. Selama ini HS Silver memproduksi 2 macam model kerajinan perak, yakni model krawangan (filigree) dan perak padat. Perak krawangan terbuat dari benang perak tipis yang dengan ketelitian tinggi dijalin dan disusun kemudian dipatri sedemikian rupa untuk digunakan membuat miniatur-miniatur atau pola perhiasan yang rumit.  Adapun model perak padat terbuat dari lempengan padat perak yang ditempa atau diukir dan dibuat sedemikian rupa untuk menciptakan perangkat alat makan, miniatur dan perhiasan.

 

Proses pembuatan kerajinan perak diawali dengan peleburan perak dan tembaga yang dididihkan hingga meleleh dan menyatu untuk kemudian dituang dalam cetakan. Pencampuran perak dengan tembaga dalam takaran yang pas, akan  menghasilkan perak yang tahan lama.  Terdapat dua jenis cetakan perak, yakni batangan yang berbentuk silinder dan batangan persegi.

 

Perak yang dicetak dalam batangan silinder akan digunakan untuk membuat kerajinan model krawangan (filigree), sedangkan yang dicetak dalam batangan persegi akan digunakan untuk mrmbuat kerajinan perak padat.

 

  1. Kerajinan Perak Krawangan (Filigree)

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat benang-benang perak yang tipis. Caranya perak yang telah dicetak dalam batangan silindris ditekan dengan menggunakan mesin penekan agar menjadi pipih dan tipis.Kemudian dengan menggunakan urutan, ujung perak ditarik melalui lubang  yang ada pada urutan. Urutan adalah lempengan baja yang memiliki beberapa lobang dengan berbagai ukuran, dan digunakan untuk membuat benang perak. Pembuatan benang perak ini dimulai dari penarikan perak pada lobang urutan terbesar, kemudian diulang lagi pada lobang yang lebih kecil hingga akhirnya pada lobang terkecil untuk mendapatkan benang perak yang lembut.

 

Untuk mendapatkan motif benang perak, maka benang-benang perak yang lembut tersebut dipilin dengan roda pemilin yang bisa memilin 2 benang perak sekaligus. Setelah benang-benang perak yang diperlukan cukup tersedia, maka dibuatlah kerangka (frame) dengan benang perak tebal yang dilekatkan pada kertas. Selanjutnya pada kerangka benang perak tebal tersebut diisi dengan benang perak lain yang telah dipilin. Proses ini disebut dengan pengisian kerangka.

 

Ketika kerangka telah terisi penuh dengan benang perak, selanjutnya ditaburi bubuk perak pada bagian atasnya dan dibakar dengan api suhu tinggi. Taburan bubuk perak akan melekatkan masing-masing sambungan benang perak, sementara kertas tipis tersebut akan terbakar dengan sendirinya dan hanya akan meninggalkan kerajinan perak krawangan yang dibuat. Namun proses pembakaran ini akan menyebabkan perak berubah warna menjadi kecoklatan. Untuk mengembalikan warna aslinya, maka kerajinan perak krawangan tadi harus direbus dalam larutan alumunium sulfat untuk mrnjadikannya putih kembali.

 

Selanjutnya kerajinan perak krawangan tersebut dibersihkan dengan menggunakan lerak. Lerak adalah buah yang biasa digunakan untuk mencuci barang-barang perhiasan dan batik. Lerak yang telah dibasahi akan mengeluarkan busa apabila disikat  dengan lembut. Selain itu bagian rangka kerajinan perak krawangan dibersihkan dengan sangling untuk membuatnya mengkilat, sementara isiannya tetap berwarna putih.

 

  1. Kerajinan Perak Padat

 

 

Kerajinan perak padat terbuat dari lempengan perak yang dibentuk sesuai dengan pola atau desain yang telah dibuat sebelumnya. Lempengan perak tersebut akan dipotong, ditempa dan diukir sesuai dengan pola untuk jenis kerajinan yang kita kehendaki. Miniatur, gelang, dan cangkir-cangkir kecil adalah sebagian contoh hasil kerajinan perak padat. Hasil produksi ini dibuat dari perak batangan yang telah diubah bentuknya menjadi sebuah plat dengan ketebalan tertentu.  Untuk mendapatkan ketebalan perak yang tepat, HS Silver menggunakan plepet dan palu.

 

Setelah mendapatkan ketebalan yang dikehendaki, maka dimulai pembuatan pola dasar dan menggambarkannya pada plat yang kemudian dipotong-potong sesuai dengan  desain yang diinginkan.

Untuk mengukirnyadigunakan jabung, yaitu campuran bubuk batu bata, minyak kelapa dan getah damar. Setelah mengering, tempat itu menjadi padat dan sangat keras. Hal ini berguna untuk menghindarkan perak dari keretakan atau pecah pada waktu diukir atau ditempa.

 

Setelah semua selesai, dilanjutkan dengan proses pembakaran berulang. Perak yang sudah dibentuk dan dibakar akan mendapatkan proses pembersihan yang sama seperti teknik filigree yaitu dengan menggunakan buah Lerak dan sikat halus. Proses terakahir adalah penggunaan mesin penggosok guna memberikan sentuhan mengkilap pada hasil-hasil perak tersebut.

 

 

  1. Membersihan Perak

 

Setelah selesai, pernik perak harus dibersihkan dengan hati-hati. Untuk hasil  terbaik, rebus pernik perak dalam air bersih, lalu dibakar dan kemudian rebus lagi beberapa kali dengan menambahkan sedikit cairan aluminium sulfat ke dalam airnya. Selanjutnya dibersihkan dengan buah lerak. Tambahkan lerak pada air dan sikat perak dengan sikat halus yang telah dibasahi busa lerak. Kemudian kita berikan sedikit polesan dengan mesin penggosok yang akan memberikan kesan mengkilap dan cantik pada pernik-pernik perak.

 

Langkah-langkah membersihkan:

  1. Rendam pernik perak dalam air panas selama lima menit
  2. Tambahkan buah lerak dalam air panas dan sikat sedikit untuk mendapatkan busanya
  3. Gunakan sikat halus yang telah dibasahi dengan busa lerak atau menggunakan deterjen dan gosok secara pelan-pelan
  4. Bilas dengan air yang mengalir dan keringkan

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: