Kronologi Aksi Bramantyo Prijosusilo

Selang beberapa saat setelah menggelar ritual di makam Raja-raja Kotagede, Bramantyo Prijosusilo bergegas menaiki andong guna berangkat menuju Markaz MMI yang berjarak kurang lebih 800 meter dari kompleks makam raja Kotagede. Dengan dikawal mobil patroli dari Polsek Banguntapan, Bantul, Bramantyo yang mengenakan busana Jawa motif lurik itu segera berngkat menuju Markaz MMI, namun setibanya disana, dia harus berhadapan dengan aksi pengeroyokan yang dilakukan oleh jamaah MMI. Berikut kronologisnya :

 

Kronologis Pertunjukan Seni Bung Bramantyo Prijosusilo :
07:30 Datang ke makam Raja di Kotagede utk mempersiapkan diri.
07:40 Bramantyo sembahyang di makam mohon restu.
08:00 Bramantyo berangkat ke markaz MMI di jl. Karanglo Kotagede dgn naik andong. Andong dikawal mobil patroli kepolisian polsek Banguntapan.
08:20 Andong sampai di depan Bakso Ragil (10 mtr sblm gang masuk markaz MMI) diserbu orang2 yg memakai rompi hitam bertuliskan “Mujahidin”. Saat andong diserbu Bramantyo masih duduk di andong. Sambil berteriak-teriak org2 itu lalu menyeret Bramantyo turun dr andong. Berbagai pukulan menghujani tubuhnya. Bramantyo hanya pasif tidak melakukan perlawanan sedikitpun. Grombolan org2 itu lalu menyeret dan berusaha membawa masuk Bramantyo kedalam markaz MMI. Pasukan polisi yg berjaga di lokasi dgn sigap menarik Bramantyo keluar dr gang masuk markaz MMI. Bramantyo lalu diselamatkan dgn menaikkannya kedalam truk dalmas dan membawanya ke Polres Bantul.
Jam 10:30 – 12:00 Dialog antara pemimpin MMI dgn Bramantyo yg dimoderatori pihak polres. Dialog tidak menemukan titik temu. Pihak MMI tetap menuduh Bramantyo sbg “Budayawan penista agama” yang wajib ditangkap. MMI mengajukan tuntutan : Agar polisi menangkap Bramantyo krn menghina agama Islam. Dan menuntut Bramantyo minta maaf kpd MMI dan seluruh kaum muslimin. Jika Bramantyo menolak, maka seluruh perwakilan MMI akan mencari keberadaannya untuk dimintai pertanggung jawaban hingga yaumul akhir.
Jam 13:00 – gak tau sampai jam brapa nanti. Bram masih disidik oleh petugas polisi di ruang Kasat Intelkam Polres Bantul.

2 responses to this post.

  1. Posted by Kiki (Fikri) on 17 Februari 2012 at 02:07

    baru baca kronologinya, ternyata ada yang kronologi yang tidak lengkap ya disini. seharusnya,cerita tentang apa yang terjadi sebelum kejadian tidak dipaparkan. menurut laman http://kabarnet.wordpress.com/2012/02/15/menistakan-agama-mmi-laporkan-bramantyo-ke-polisi/,tanggal 14 feb sudah ada pengaduan dari pihak MMI ke polisi, dan sudah ada pengingatan kepada budayawan ini oleh pihak MMI…

    Hal ini bisa dianalogikan: ada orang berniat melakukan sesuatu yang tidak disenangi orang lain,lalu orang tersebut mengingatkan,tapi ternyata si orang ini melanjutkan aksinya…

    ic

    Balas

  2. […] Kronologi Aksi Bramantyo Prijosusilo […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: